Jumat, 06 Juni 2014

MAF'UL MUTLAQ (Ilmu Nahwu)




Maf'ul Mutlaq adalah isim yang disebutkan untuk 3 keadaan,yaitu:
  • Untuk menegaskan suatu perbuatan
  • Untuk menjelaskan bilangan perbuatan
  • Untuk menjelaskan jenis/sifat perbuatan
Contoh sebagai penegas perbuatan
حَفِظْتُ الدَّرْسَ حِفْظًا
“Aku telah menghafal pelajaran itu dengan sebenar-benarnya hafal”
Kata حِفْظًا  berfungsi untuk menegaskan perbuatan.
ضرَبْتُه ضربا Saya benar-benar memukulnya
أكلْتُ أكلاً Saya benar-benar makan
فهمت الدرْسَ فهماً saya benar-benar faham akan pelajaran
Contoh untuk menjelaskan bilangan
ضَرَبْتُهُ ضَرْبَةً  Aku memukulnya dengan satu kali pukulan

Kata ضَرْبَةً  berfungsi sebagai penjelas bilangan dari perbuatan.
ضَرَبْتُ الكَلْبَ ثَلاَثَ ضَرَبَاتٍ  Saya memukul anjing sebanyak tiga kali
أكلْتُ أكلَةً   Saya makan satu kali suap
نظرْتُ إليها نَظْرةً Kami melihat padanya dengan sekali pandangan

Contoh untuk menjelaskan jenis/sifat
ضربْتُ ضرباً شديداً Saya memukulnya dengan pukulan keras
أكلْتُ أكْلاً كثيراً Saya makan dengan makan yang banyak
Untuk membuat maf'ul mutlaq yang berfungsi sebagai penjelas macamnya, maka ditambahkan sifat seperti syadiidan dan katsiiran pada kalimat di atas.

Untuk mempermudah pemahaman, perhatikan tabel berikut

لِتَأْكِيْدِ الْفِعْلِ
Untuk penegas perbuatan
لِبَيَانِ  عَدَدِهِ
Untuk menjelaskann bilangan
لِبَيَانِ نَوْعِهِ
Untuk menjelaskan jenis/sifat
ضَرَبْتُ ضَرْبًا
Aku benar-benar memukul
ضَرَبْتُ ضَرْبَةً
Aku memukul dengan satu pukulan
ضَرَبْتُ ضَرْبًا شَدِيْدًا
Aku memukul dengan pukulan yang keras
شَرِبْتُ شُرْبًا
Aku benar-benar meminum
شَرِبْتُ شُرْبَةً
Aku meminum dengan satu kali tegukan
جَلَسْتُ جُلُوْسَ الْعُلَمَاءِ
Aku duduk seperti duduknya ulama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar